Jumat, 26 Juni 2015

Penanganan kesalahan dan help - dokumentasi

Penanganan Kesalahan
Hampir tidak ada sistem yang berjalan sempurna sebelum melewati berbagai rentetan kesalahan. Semakin besar sistem yang dibuat, semakin banyak kesalahan yang dapat timbul.
Help Dan Dokumentasi
Rancangan sistem yang baik adalah rancangan di mana pengguna dapat langsung menggunakan sistem dengan mudah tanpa pelatihan dan program bantuan sama sekali. Tetapi sangat lebih membantu pengguna bila program bantuan (help) tetap disediakan ke dalam sistem. Sistem dukungan pengguna dapat berupa sistem bantuan (Help) dan dokumentasi. Perbedaan sistem bantuan (help) dan dokumentasi adalah bahwa sistem bantuan berorientasi terhadap masalah khusus, sedangkan dokumentasi berorientasi kepada sistem dan sifatnya umum.
Tipe-tipe Kesalahan (Errors)
·         Kesalahan Persepsi
Gagal menangkap informasi
Gagal menangkap perhatian pengguna
·         Kesalahan Kognitif
 Ketidak adaan bantuan
 Inkonsisten
 Ketidak adaan status informasi
·         Kemampuan yang kurang
Kesalahan Motor (Gerak)
 Lemahnya kondisi mata dan tangan
 Tekanan kecepatan
 Memerlukan kemampuan yang tinggi tapi pada koordinasi tanagan dan mata
 Memerlukan jenis kealihan lain


Tipe-tipe Slip
·         Kesalahan Capture             
·         Kesalahan karena terlalu sering atau kebiasaan.
Kesalahan Deskripsi
·         Kesalahan dalam melakukan aksi pada objek yang salah.
Kesalahan Data Driven
·         Kesalaha karena pengaruh data dari area edit
Pengaktifan Asosiatif
·         Kesalahan karena pengaruh data yang ada dipikirkan pada saat ini.
Hilangnya Pengaktifan
·         Kesalahan karena lupa apa yang harus dilakukan.
Kesalahan Mode
 Kesalahan akibat lupa pada mode yang sedang dilakukan

Panduan Pencegahan Kesalahan
·         Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
·         Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
·         Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
·         Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
·         Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
·         Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
·         Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.

Panduan Recovery Kesalahan
·         Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
·         Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
·         Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
·         Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
·         Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
·         Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
·         Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
·         Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.


Jenis dokumen dan alat bantu
·         Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi penting.
·          Sistem sederhana -> user memanggil dan menggunakannya, berikan nama.
·         Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkanhelp/bantuan.

Jenis-jenis Bantuan
·         Tutorial
Khusus untuk user baru yang menyediakan perintah secara step by step.

·         Review/Referensi yang cepat
Digunakan sebagai pengingat untuk user dari suatu yang detail yang secara dasar sangat familiar dan biasa digunakan.
·         Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
Suatu alat bantu atau perintah yang dapat membantu memahami secara lengkap.
·         Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)
Digunakan untuk membantu user menghadapi masalah atau tidak pasti mengambil tindakan dalam memecahkan masalah yang khusus.


Sumber :

http://febriani.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/10585/Penanganan+Kesalahan+dan+Help+Dokumentasi.pdf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar