Pendahuluan
Antarmuka
pengguna (user interface) merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung
dengan pengguna (user). Antarmuka pengguna berfungsi untuk
menghubungkan antara pengguna dengan sistem operasi, sehingga komputer tersebut bisa digunakan.
Antarmuka
pengguna, dalam bidang desain industri interaksi manusia-mesin, adalah sebuah
tempat di mana interaksi antara manusia dan mesin
terjadi. Tujuan dari interaksi antara manusia dan mesin pada antarmuka pengguna
adalah pengoperasian dan kontrol mesin yang efektif, dan umpan balik dari mesin
yang membantu operator dalam membuat keputusan operasional. Contoh-contoh dari
konsep luas antarmuka pengguna ini termasuk aspek-aspek interaktif dari sistem operasi komputer, alat-alat, kontrol operator
mesin berat, dan kontrol proses. Pertimbangan desain berlaku
ketika membuat antarmuka pengguna yang berkaitan atau melibatkan
disiplin-disiplin ilmu seperti ergonomi dan psikologi
Sebuah antarmuka
pengguna adalah sistem di mana pengguna berinteraksi dengan mesin.
Antarmuka pengguna mencakup perangkat keras dan perangkat lunak. Antarmuka pengguna hadir untuk berbagai
sistem, dan menyediakan cara untuk:
·
Input,
memungkinkan pengguna untuk memanipulasi sebuah sistem
·
Output,
memungkinkan sistem untuk menunjukan efek dari manipulasi pengguna
Secara umum, tujuan dari teknik
interaksi manusia-mesin adalah untuk menghasilkan sebuah antarmuka pengguna
yang membuatnya mudah, efisien, dan menyenangkan untuk mengoperasikan sebuah
mesin dengan cara yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Ini biasanya berarti
bahwa operator harus menyediakan input minimal untuk mencapai output yang
diharapkan, dan juga bahwa mesin harus meminimalkan output yang tidak
diinginkan.
Tujuan interface user
·
Menyesuaikan
antar muka pengguna dengan tugas.
·
Membuat
antar muka pengguna menjadi efisien.
·
Memberikan
arus balik yang tepat kepada pengguna.
·
Memunculkan
pertanyaan-pertanyaan yang dapat dimanfaatkan.
·
Memperbaiki
produktivitas dari pengetahuan pegawai
Perbandingan Interface Website Baik dan
Kurang Baik
A.
Interface website yang kurang baik.
Contohnya
seperti blog ini yang kurang baik dalam interface.
Ada
4 point dalam interface yang kurang baik :
1.
Content
Merupakan
salah satu yang sangat penting dan harus ada dalam sebuah website.Content
adalah isi dan inti dari suatu website. Dapat dilihat diatas dimana content
tersebut tidak jelas,maksudnya seseorang tidak akan tau/sulit untuk
membedakan dimana yang merupakan content dan yang bukan,seperti
iklan,category,link, dsb.
2.
Coloring
Pewarnaan
juga sangat mendukung dalam pengembangan sebuah website,dengan tujuan agar
interface tidak membosankan ,dengan warna yang slalu monton hitam putih.
Sedangkan pewarnaan diatas kurang baik. Website diatas memang sudah menggunakan
warna diluar hitam putih,namun sangat tidak sinkron,terlalu banyak warna-warna
yang tidak match,tapi mungkin menurut si pembuat website tersebut itu menarik.
Kalau boleh komentar sedikit, website ini bisa diibaratkan buku gambar yang
dipakai untuk menggambar seorang anak-anak yang sedang belajar
menggambar/mewarnai,jadi ya seperti itu hasilnya acak kadul J.
3.
Desain
Ini
lebih parah lagi,dimana tidak memiliki struktur desain yang baik . Lihat contoh
diatas misalnya ,seseorang yang berkunjung pasti akan tidak enak melihat desain
website tersebut dan mungkin juga akan bingung.Tidak jelas dimana yang
footer,header,sidebar dan contentnya. Selanjutnya gambar background yang
acak-acakan yang sangat mengganggu pemandangan.
4.
Text
Untuk
tulisan jelas kurang baik,terlalu banyak jenis font yang cukup mengganggu dan
penempatan yang kurang baik karena tidak didukung oleh desain yang baik pula.
Sebaiknya
dalam penggunaan font untuk sebuah website memakai font yang umum dipakai dan
mudah dan enak dibaca semua orang,jangan cuma enak dilihat dari diri
sendiri tapi orang tidak.
B
.Interface website yang baik
Interface
yang baik adalah interface yang enak untuk dilihat. Biasanya website yang
dibuat oleh para ahli ini menjadi website yang baik.
1.
Content
Sangat
terlihat sekali perbedaan dengan website yang sebelumnya dijelaskan
diatas. Pada website ini terlihat jelas content yang bagus,jelas dan tidak
membingungkan user.
Mungkin
dengan content yang seperti ini user akan lebih berlama-lama nongkrong di
website kita untuk memanjakan mata dan otak dengan isi-isi yang ada dan
bermanfaat.
2.
Coloring
Pewaranaan
sudah cukup baik,dimana tidak terlalu banyak warna yang mencolok dan
membuat pusing. Mungkin karena ini merupakan website formal jadi
penggunaan warnanya tidak terlalu banyak.
3.
Desain
Pada
website ini jelas terlihat memiliki rancangan desain yang sangat
baik,sesuai dengan aturan dalam pembangunan interface sebuah web. Terlihat
jelas mana yang content dan mana yang bukan,dan menggunakan background yang
sederhana ,bukan gambar yang justru akan membuat web tampak aneh. Dengan
tampilan interface seperti ini ,jadi seseorang tidak akan pusing/bingung lagi
untuk mencari apa yang ingin dicari diweb tersebut.
4.
Text
Dalam
penggunaan text dapat dibilang baik,karena tidak terlalu banyak penggunaan
jenis font yang aneh-aneh, dan hanya menggunakan beberapa jenis font yang
umum sering digunakan, serta mudah untuk dibaca semua orang.
C.
Ulasan
Dari perbandingan diatas mungkin kita menjadi sedikit tahu seperti
apa dan bagaimana interface yang baik. Untuk membuat suatu interface yang
baik dalam suatu website kita harus memperhatikan beberapa hal penting :
1.
Harus
memahami konsep dasar dari interaksi manusia dan computer.
2. Harus mendesain
interaksi dan proses.
3. Terdapat
notasi,dialog dan desain dalam interface
4. Model-model dari
system
5.
Pendukung
implementasi interface
Tipe-tipe interface
User
Interface ada dua jenis, yaitu :
- Graphical
User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar,
suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
- Text-Based
: Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
Tipe-tipe interaksi
Ada
5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
- Direct
manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan
objek pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash.
Contoh: Video games. Kelebihan :
Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan
terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan : Interface tipe ini rumit dan memerlukan
banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk penggambaran secara
visual untuk satu operasi atau objek.
- Menu
selection – pilihan berbentuk menu :
Memilih perintah dari daftar yang disediakan. Misalnya saat click
kanan dan memilih aksi yang dikehendaki. Kelebihan : User tidak perlu
ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan rendah. Kekurangan :
Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika banyak pilihan.
Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command language.
- Form
fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock
control. Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari
Kekurangan : Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan
form manual dan kebiasaan user.
- Command language – perintah tertulis : Menuliskan
perintah yang sudah ditentukan pada program. Contoh: operating system. Kelebihan : Perintah diketikan langsung pada system.
Misal UNIX, DOS command. Bisa diterapkan pada terminal yang
murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal copy file dan rename nama
file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan diingat cara
penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai perintah
sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan mengetik
perlu.
- Natural
language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk
mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah
dalam bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat),
misalnya kata kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan
menggunakan kata-kata.
Kekurangan:
Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
Sumber :
http://reza_chan.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/23980/KONSEP+USER+INTERFACE.ppt
http://id.wikipedia.org/wiki/Antarmuka_pengguna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar