Jumat, 27 Januari 2017

Pengertian Hacking, Cracking dan Pirate

HACKING
Pada awalnya Hacking adalah suatu aktifitas dari hacker yaitu orang yang tertarik dan mendalami sistem operasi komputer sehingga mengetahui kelemahan yang ada pada suatu sistem tetapi tidak memanfaatkan kelemahan tersebut untuk hal kejahatan . Dalam sekarang ini Hacking sudah dikategorikan sebagai cybercrime, banyak pihak yang mengeluhkan akan kegiatan hacking tersebut.


HACKER
 Definisi "Hacker" adalah seseorang atau sekelompok orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan, bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat seperti perangkat lunak komputer dan perangkat keras komputer seperti program komputer, administrasi, dan berbagai hal lainnya, terutama pada sistem keamanan. 

Contoh Kasus : Seorang hacker asal Iran, mengaku bertanggung jawab atas serangan kepada sebuah perusahaan keamanan komputer.Hacker itu juga mengatakan serangannya dilancarkan dalam rangka balas dendam atas serangan virus Stuxnet pada program nuklir di negaranya.



CRACKING
Cracking adalah kegiatan penyusupan dan penerobosan suatu sistem atau jaringan yang bertujuan untuk kejahatan. Kegiatan yang menyusup, mengubah , membocorkan , merusak dan mencuri semua data yang ada. Seorang cracker menyalahgunakan keahlian mereka untuk kejahatan.

CRACKER
Cracker adalah oknum-oknum malas yang mementingkan diri sendiri. mereka yang melakukan kegiatan cracking.

Contoh Kasus : membajak email Presiden Suriah dan merusak server CIA.



PIRACY
Piracy adalah pembajakan perangkat lunak (software) Contoh: Pembajakan software aplikasi (contoh: Microsoft), lagu dalam bentuk digital (MP3, MP4, WAV dll). Secara moral, hal ini merupakan pencurian hak milik orang lain, selanjutnya diperbanyak secara ilegal dan di perjualbelikan secara ilegal.

Piracy juga bisa disebut kemampuan dari suatu individu atau kelompok untuk memelihara urusan pribadi dan hidup mereka ke luar dari pandangan publik, atau untuk mengendalikan alir informasi tentang diri mereka.

Sumber : http://catatanimk.blogspot.com/2015/11/pengertian-hacking-cracking-dan-pirate.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar